marquee

Ahlan Wa Sahlan ! Suatu kehormatan bagi Islamku Islammu blog atas kunjungan ini. Islamku Islammu Blog sangat berharap kunjungan berikutnya

Kamis, 04 Februari 2010

apakah islam itu?


Islam merupakan risalah Allah SWT yang terakhir bagi manusia. Oleh karena itu islam adalah agama terakhir yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Pada hakekatnya semua nabi datang dengan risalah dari Allah SWT untuk kaumnya masing-masing. Sedangkan dalam hal ini Nabi Muhammad SAW membawa agama islam yang diutus Allah SWT. Dalam surat Saba’ ayat 28 “Dan kami tidak mengutus kamu melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.”

Sebenarnya banyak orang yang tidak mengetahui apa itu islam, bagaimana islam & apa manfaat islam itu?

Islam sesungguhnya agama yang tidak sukar dan tidak sempit. Allah SWT berfirman:

“Dan dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama dalam suatu kesempitan”(QS.Al-Hajj:78). Allah SWT juga berfirman: “Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”(QS.Al-Baqoroh:185).

Asas Allah kepadaagama islam secara dzahir ada 5 rukun yaitu: syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji. Namun agama islam pun memiliki aqidah yang kuat yaitu rukun iman yang terdiri dari 6 rukun yaitu: iman kepada Allah SWT, iman kepada malaikat, iman kepada Rosul, iman kepada kitab, iman kepada hari kiamat, iman kepada qadha dan qadar.

Islam memiliki arti bahwa islam adalah kamu bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah. Adapun islam dengan kata lain dapat diartikan islam adalah agama yang selamat dan diselamatkan oleh Allah SWT. Islam sesungguhnya mengajak kita untuk berpasrah kepada Allah, melepaskan diri dari segala sesuatu yang selain dari Allah.

Allah berfirman: “Perangkanlah kepada-Ku tentang orang yang menjadikan hawa nafsu senagai Tuhannya, maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya.”(QS.Al-Furqon:43). Islam merupakan agama yang diridhai oleh Allah SWT . Allah berfirman: “pada hari ini telah kau sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah ku cukupkan nikmatmubagimu dan telah ku ridhai islam itu jadi agama bagimu”(QS.Al-Maidah:3).

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template